Payudara Kendur Setelah Melahirkan ? Ini Caranya untuk Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

By
Advertisement

Posisi Menyusui Memiliki Pengaruh Terhadap Kendurnya Payudara


Apakah benar posisi menyusui bisa berpengaruh pada kendurnya payudara? Jika iya, lalu bagaimana cara membesarkan payudara agar kembali seperti semula saat belum menikah dulu? Mungkin kedua pertanyaan diatas sering muncul dibenak para ibu, khususnya ibu muda disaat mereka menyusui bayinya. Jika anda penasaran akan jawabannya, yuk intip pembahasan di bawah ini:

Menurut Penelitian Universitas Harvard pada tahun 2010, posisi menyusui juga bisa berpengaruh terhadap kendurnya payudara sang ibu. Hal ini dikarenakan ibu sering membungkuk guna menyesuaikan posisi bayi ketika sedang disusui. Inilah salah satu hal yang menjadi penyebab kenapa terjadi perubahan pada payudara sang ibu yang menjadi kendur.

Baca Juga : Menggunakan Bra Saat Tidur Dapat Mengencangkan Payudara Secara Alami ? Ini Jawabannya

Untuk mengantisipasinya, ibu bisa menanggulanginya dengan menerapkan posisi menyusui dengan benar. Posisi paling pas saat menyusui ialah mendekatkan bayi ke payudara sang ibu menggunakan bantuan bantal sehingga membuat sang ibu dan bayi menjadi nyaman dan aman.

Ada satu hal lagi yang perlu anda ketahui, penyebab terjadinya perubahan pada kendurnya payudara itu bukan hanya dipengaruhi oleh posisi yang salah saat menyusui bayi. Pada dasarnya seorang ibu yang mengalami proses kehamilan dan menyusui juga dapat menjadi pemicu payudara kendur.

Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan payudara sendiri tidak memiliki otot melainkan berisi jaringan lemak, jaringan konektif (jaring pembungkus, pembuluh darah, pembuluh getah bening, dan syaraf), jaringan glandular (kelencar susu dan saluran susu), serta jaringan stromal (pendukung atau penguat).

Ketika anda berada pada masa kehamilan, secara otomatis payudara ladies akan mengurangi jaringan lemak dipayudara guna memberikan ruang pada kelenjar yang berfungsi sebagai produksi ASI. Kemudian kelenjar susu (mammary glands) seiring dengan bertambahnya usia kandungan hingga menyusui mengalami pembesaran dan aktif karena dipengaruhi oleh hormon progesteron, estrogen dan prolaktin.

Dalam fase kehamilan sampai menyusui inilah seorang ibu memiliki ukuran payudara paling besar sendiri, dan dikarenakan oleh cairan bakal susu yang memenuhi payudara ibu dan nantinya akan menjadi ASI. Jika ibu sudah tidak aktif menyusui lagi, payudaranyapun juga akan ikut mengecil seperti semula sehingga menimbulkan beberapa permasalahan.

Permasalahan tersebut yakni jaringan lemak yang dulunya hilang tidak bisa kembali lagi. Ditambah pembungkus payudara menjadi melar disebabkan oleh pertambahan ukuran dan berat payudara saat hamil dan menyusui. Oleh sebab itulah ketika habis melahirkan dan menyusui kenapa paudara wanita itu menjadi kendur.

Nah, perlu diketahui bahwa memberikan ASI itu sangat penting bagi kesehatan dan juga pertumbuhan bayi. Jangan sampai tidak memberi ASI kepada bayi anda sendiri hanya karena takut mempunyai payudara kendur. Jika anda takut akan payudaranya kendur setelah kehamilan dan melahirkan, kali ini kami akan memberikan cara membesarkan payudara setelah menjalani proses tersebut.

Cara Membesarkan Payudara Setelah Melahirkan dan Menyusui


Berikut akan dijabarkan mengenai cara membesarkan payudara setelah melahirkan dan menyusui. Adapun cara membesarkan payudara tersebut antara lain sebagai berikut ini:

1. Rutin berolahraga
Cara membesarkan payudara yang pertama yakni dengan melakukan olah raga rutin. Jika anda melakukan olahraga secara rutin maka otot di seluruh tubuh akan terbentuk, khususnya di bagian payudara. Dengan begitu, payudara akan kembali kepada posisi idealnya yakni kencang, berisi, dan sehat serta terpelihara dengan baik dalam kurun waktu cukup lama. Beberapa bentuk olahraga sebagai cara membesarkan payudara adalah seperti yoga, aerobik, joging hingga lari. Saat berolahraga jangan lupa gunakan bra yang tepat supaya melindungi payudara anda dari goncangan.

2. Melakukan pijatan payudara
Cara membesarkan payudara berikutnya yaitu melakukan pijatan payudara secara rutin. Pijatan pada payudara harus dilakukan dengan teknik-teknik khusus. Teknik tersebut ialah melakukan pemijatan secara melingkar dengan lembut serta menggunakan irama teratur. Supaya mudah saat melakukan pemijatan pakailah minyak zaitun, minyak kelapa murni, atau minyak bulus yang kaya akan antioksidan dan asam lemak.

3. Berikan masker alami di kedua payudara
Cara membesarkan payudara selanjutnya dengan menggunakan masker alami. Masker tersebut bisa anda buat sendiri. Ada beberapa varian masker untuk payudara seperti menggunakan bahan dasar kacang panjang atau berbahan dasar lidah buaya (aloe vera), atau bisa juga menggunakan telur dan lain sebagainya.

Terjadinya kendur payudara setelah melahirkan dan juga menyusui baik dari segi posisi benar tidaknya itu merupakan hal wajar dan bukanlah sebagai alasan untuk tidak memberikan ASI kepada si buah hati demi tumbuh kembangnya. Dari gambaran yang telah dipaparkan tadi, tentunya sudah mengetahui apa saja cara membesarkan payudara setelah melewati proses kehamilan dan menyusui.

Referensi Video : 




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...